Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Database di MySQL, lebih ASYIK !

Data Base dengan MySQL 


Ketimbang Ms. Access? Yups, karena kita akan lebih diuntungkan oleh kapasitas data yang pastinya lebih banyak dari Acces bukan?. Kalau mau jujur saya lebih menantang pake Ms. Access ketimbang MySQL kalau tugas kuliah. Pake access lebih mudah, namun karena tuntutan yasudah admin pake mySQL buat tugas juga.

Dalam PHPmyAdmin atau mySQL ada dua cara pake yang gampang (alias klik-klik biasa) atau bisa juga pake script yang sebenernya sama saja kok. Tinggal kitanya aja mau gimana yah :)
Inget pesen admin, belajar pemrogramman itu mudah dan menyenangkan tapi kudu inget juga kita dalam belajar bahasa pemrogramman gak boleh DIHAFAL tapi DIPAHAMI sintaknya. Percuma agan mau belajar HAFALIN sintak pas ketemu kasus baru (bikin program baru) malah bingung !! ???


Berikut langkah mudah untuk membuat database dengan menggunakan MySQL


  1. Siapkan kopi sama rokok satu bungkus (buat jaga-jaga kalau ngantuk) wkwkwkwk
  2. jalankan mySQL dengan klik Apache dan MySQL pada checkbox mySQL Control
  3. Caranya kek gini, (aktif kan?)
  4. cara selanjutnya agan buat nama database yang agan inginkan, misalkan saya mau buat nama database nya adalah (PROJECT_VB)
    Cara bikin database baru
  5. Setelah dibuat, agan bisa membuat tabel datanya apa aja (atau kalau ingin dihubungkan dengan bahasa pemrogramman kita sebut entitas, inilah yang akan terhubung satu sama lain berdasarkan keinginan kita. Contoh admin mau bikin tabel kayak dibawah ini yang totalnya kurang lebih 8 dan semua tabel tersebut saling terkoneksi (RELASIONAL)
    Buat tabel baru
  6. Sesudah membuat tabel datanya maka langkah selanjutnya kita isi setiap tabel tersebut apa-saja listnya atau dalam bahasa akademiknya disebut RECORD. Dari total tabel data diatas saya gunakan satu saja untuk contoh membuat FIELD nya (data perkolom) yakni yang saya bahas adalah pada tabel data transaksi. Misalkan didalam tabel transaksiisi field/label nya meliputi sbb: 
     caranya agan bisa klik di tabel transaksi yang pernah agan buat sebelumnya  contohnya kek gini, ini contoh saya sudah inputkan data kedalam tabel berdasarkan label nya :
    Tampil kek gini lantas isi datanya
  7. kalau sudah dibuat maka langkah selanjutnya adalah selesai deh. usahakan kalau sebelum membuat aplikasi berdasarkan database ini harus dibuat dulu tabel relasionalnya. dari penjelasan diatas maka saling terhubung layaknya gambar ini :
    liat ERD nya, udah nyambung kan?
Begitulah kita kira-kira agan/agan wati gimana ngebuat database di MySQL hehehe :) makasih udah mampir di blog sederhana saya ini. GOOD LUCK !!!