Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Pengantar Teknologi Informasi (Hardware)

Makalah Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi (Hardware)


Berikut adalah contoh makalah pengantar teknologi informasi yang saya share, tadinya adalah tugas mata kuliah saya di semester I manajemen Informatika. Semoga bermanfaat sobat


MAKALAH UMUM
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
( H A R D W A R E )




DOSEN : DARSANTO, ST., M.Kom.

Disusun oleh : Nurkana
NIM : 1521099

AMIK PURNAMA NIAGA INDRAMAYU
Jl. Ir. H. Djuanda No. 256 A Indramayu 45214
Telp./Fax. (0234)274464 website : www.amikpurnamaniaga.ac.id

________________________________________________________________________________

KATA PENGANTAR

      Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat, Karunia serta Hidayah-Nya sehingga Makalah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) ini dapat tersusun dengan sajian yang sederhana sesuai dengan pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi yang dilaksanakan di Kampus AMIK Purnama Niaga Indramayu, shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat serta para pengikutnya yang setia.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga Makalah Tugas Akhir Pengantar Teknologi Informasi (PTI) ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
14 September 2015
Penyusun,



NURKANA
________________________________________________________________________________


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................................. 2
DAFTAR ISI ............................................................................................................. 3
BAB I: PENDAHULUAN ........................................................................................ 4
1.1. Latar belakang proyek ........................................................................................ 4
1.2. Maksud dan Tujuan ............................................................................................ 4
BAB II : PEMBAHASAN ..........................................................................................
2.1. Pengenalan Komputer ........................................................................................ 5
2.1.1. Definisi Komputer .......................................................................................... 5
2.1.2. Pengolahan Data Elektronik ........................................................................... 6
2.1.3. Siklus Pengolahan Data .................................................................................. 6
2.1.4. Sistem Komputer ............................................................................................ 6
2.1.5. Kemampuan Komputer ................................................................................... 6
2.1.6. Perbandingan Kemampuan Manusia dengan Komputer ................................. 7
2.1.7. Cara Menguasai Komputer .............................................................................. 7
2.2. Pengolahan Data Dengan Komputer ................................................................... 9
2.2.1. Pengertian Data Dan Informasi ........................................................................ 9
2.2.2. Pengolahan Data Dengan Komputer .............................................................. 10
2.3. Komponen-komponen Komputer ...................................................................... 13
2.3.1. Unit Input (Input Device) ............................................................................... 13
2.3.2. Unit Output(output device) ............................................................................. 14
2.3.3. Peralatan Proses .............................................................................................. 14
2.3.4. Peralatan penyimpanan ................................................................................... 15
2.3.5. Peralatan Tambahan (Periferal) ...................................................................... 15
BAB III : PENUTUP ................................................................................................ 16
BAB IV

________________________________________________________________________________

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang proyek
Sebagai Perguruan Tinggi yang mengkhususkan diri dibidang teknologi komputer yang terakreditasi dari BAN-PT, AMIK Purnama Niaga Indramayu mengharapkan agar menuju perguruan tinggi unggulan yang menghasilkan lulusan yang berkomitmen dibidang Manajemen Informasi serta memiliki daya saing yang tinggi dalam era globalisasi.
Dengan makin berkembangnya pesaing di era globalisasi, Perguruan Tinggi AMIK Purnama Niaga dalam hal mengharapkan mampu mengamalkan ilmu yang dianutnya untuk kepentingan umum dan bermanfaat.
1.2.Maksud dan Tujuan
Sebagaimana yang kita ketahui, salah satu tahapan tugas mandiri atau kelompok Pengantar Teknologi Informasi (PTI) adalah sebagai pembekalan pembelajaran di kampus AMIK Purnama Niaga Indramayu untuk menambah ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada mahasiswa. Laporan disusun sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas Pengantar Teknologi Informasi (PTI), yang meliputi hasil kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan selain daripada didalamnya juga kami lampirkan hal-hal yang kiranya dapat melengkapi laporan ini.
Tujuan penyusunan Proyek Akhir ini adalah untuk mengetahui kemampuan di bidang teknologi yang telah di berikan, untuk pembelajaran bekal pembuatan skripsi pada akhir semester dan sebagai modal utama pengetahuan proyek tentang Teknologi Informasi yang dihasilkan pada Perguruan Tinggi AMIK Purnama Niaga Indramayu
_________________________________________________________________________________

BAB II
PEMBAHASAN


2.1 PENGENALAN KOMPUTER
2.1.1 DEFINISI KOMPUTER
Istilah Komputer (Computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung ( to Computer ).
Beberapa definisi tentang komputer :
1. Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
 Menerima input
 Memproses input tadi sesuai dengan programnya
 Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
 Menyediakan output dalam bentuk informasi
2. Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders) :
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
3. Menurut buku Computer Organization (V.C.Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
4. Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M.Fuori) :
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Dari beberapa definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja secara otomatis

________________________________________________________________________________

2.1.2 PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah pengolahan data dengan menggunakan komputer.
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.
Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya.
Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti berupa informasi.
Informasi (information) adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi PDE atau EDP adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.
2.1.3 SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.
2.1.4 SISTEM KOMPUTER
Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi, supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.
Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
2.1.5 KEMAMPUAN KOMPUTER
Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan pertambahan atau


INPUT                         PROCESSING                                OUTPUT

_______________________________________________________________________________

pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.
Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Sebaliknya karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.
Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana
1. komponennya rusak
2. Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah.
Suatu istilah komputer yang cukup populer, yaitu GIGO (Garbage In Garbage Out) yang berarti sampah yang masuk, sampah pula yang keluar. Jadi kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. Sebaliknya bila data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar (Gold In Gold Out), emas yang masuk, emas pula yang keluar.
Disamping komputer yang mempunyai kemampuan untuk beroperasi dengan cepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan yang lain, yaitu mempunyai ingatan (memori) yang besar.
2.1.6 PERBANDINGAN KEMAMPUAN MANUSIA DENGAN KOMPUTER
Hal yang dibandingkan Manusia Komputer
Kecepatan
Relatif lambat
Sangat cepat
Ketepatan
Mudah salah
Tepat
Daya tahan memproses
Cepat lelah
Tidak kenal lelah
Kemampuan mengingat
Kurang akurat
Akurat
Kemampuan mengikuti perintah
Kurang baik
Baik
Kemampuan berinisiatif dan beradaptasi
Sangat baik
Jelek
Kemampuan membuat pertimbangan dan peramalan
Sangat baik
Jelek
2.1.7 CARA MENGUASAI KOMPUTER
Ada 3 tahapan seseorang dapat menguasai dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil, yaitu :
1. Membaca buku-buku komputer.
Membaca adalah cara yang terbaik supaya anda dapat meningkatkan pengetahuan dan memahami dunia komputer. Anda dapat membaca buku-buku teks tentang komputer.
2. Mencoba langsung pada suatu komputer.
Dengan mencoba langsung pada suatu komputer, anda akan mempunyai pengalaman dan lebih tahu tentang apakah komputer itu sesungguhnya.
3. Menulis Suatu program komputer

________________________________________________________________________________

Setelah anda membaca buku-buku tentang komputer dan telah mencobanya langsung sehingga sudah terbiasa dengan komputer, maka anda akan lebih tertarik ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu ingin menulis suatu program aplikasi sendiri.

________________________________________________________________________________

2.2 PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER
2.2.1 PENGERTIAN DATA DAN INFORMASI
Kegiatan pengolahan data sudah dimulai sejak dahulu sejalan dengan perkembangan sistem catat mencatat, yaitu disaat kegiatan manusia sudah semakin banyak sehingga sukar bagi manusia untuk mengingatnya. Kegiatan catat mencatat ini dilakukan diberbagai bidang pekerjaan baik oleh perorangan, perusahaan atau pemerintahan. Dengan semakin bertambahnya jumlah dan arti Data bagi manusia maka mereka berusaha untuk membuat alat yang dapat menggantikan manusia dalam hal catat-mencatat atau administrasi ini.
Hal ini terjawab oleh kemajuan teknologi manusia dengan diciptakannya KOMPUTER sebagai alat pengganti tersebut. Kegiatan catat-mencatat inilah yang sekarang disebut orang dengan istilah DATA PROCESSING. Pada saat ini kegiatan Data Processing ini sudah makin luas, baik dalam kegiatan yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan, komersil/bisnis maupun kegiatan pemerintahan, sehingga data yang diolahpun akan bermacam-macam jenisnya sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut. Data yang diolah di sini bisa berupa dokumen, surat, kata, bagan, grafik, kondisi, situasi, ide, objek dll yang bisa kita tata. Jadi data tersebut bisa berupa kartu pegawai, daftar mahasiswa, daftar persediaan barang, catatan pemakai listrik, daftar penjualan barang, absensi murid dan lain sebagainya.
Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau hasil proses dari data tersebut.
Setelah dilakukan pengolahan, maka sifat data akan berubah sehingga bertambah kegunaannya yang dapat dipakai untuk suatu tujuan tertentu atau untuk analisis dan pengambilan keputusan. Biasanya informasi terdiri dari “Selected Data” yaitu data yang terpilih, tergabung dan disusun sesuai dengan kebutuhan dari pemakai data, masalah waktu, tempat dan fungsinya.
Proses perubahan dari data menjadi informasi merupakan fungsi utama dari pengolahan data.
DATA
PENGOLAHAN
INFORMASI
_________________________________________________________________________________

2.2.2 PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER
Komputer adalah mesin pengolah data yang diciptakan manusia dengan tujuan memberikan jalan untuk mempertinggi produktivitas.
Produktivitas dapat ditingkatkan dalam pengertian :
1. Dengan mempergunakan komputer kesanggupan mengolah data atau memecahkan masalah akan lebih besar dengan mutu yang lebih baik.
2. Dengan mempergunakan komputer sebagai pengolah data atau pemecahan suatu masalah dapat lebih cepat terselesaikan
3. Dengan mempergunakan komputer, pengolahan data atau pemecahan masalah dapat dilaksanakan lebih teliti dan lebih efektif.
Jika ditinjau dari segi fungsionil, komputer itu bisa kita anggap sebagai pelaksana tugas, agar pekerjaan bisa diselesaikan secara baik dan effisien, maka pengolah data harus ada paling sedikit 3 persyaratan :
1. Kumpulan data atau INPUT yang akan diolah.
2. Prosedur pengolahan atau prosessing yang telah direncanakan.
3. Hasil atau OUTPUT yang diinginkan dan akan dipergunakan untuk melakukan tindakan-tindakan selanjutnya.
Mesin komputer sebagai pelaksana tugas tidak jauh berbeda dengan manusia yang juga sebagai pelaksana tugas.
Marilah kita tinjau pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh manusia dan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh komputer.
1. PROBLEMA DAN DATA
Proses pelaksanaan tugas baru timbul, jika ada tugas atau ada persoalan yang dikerjakan atau dipecahkan. Untuk pemecahan masalah tersebut haruslah tersedia datanya.
2. INSTRUKSI ATAU PROGRAM
Bagaimana pemecahan persoalan, hendak diapakan data tersebut harus dijelaskan pada pelaksanaan tugas. Dengan perkataan lain harus ada instruksi yang menegaskan tentang hendak diapakan data tersebut, dan bagaimana pelaksanaan tugas pemecahan problemanya supaya diperoleh hasil yang diinginkan.
Jika si pelaksana tugas tersebut adalah komputer, maka instruksi tersebut harus kita susun menjadi suatu PROGRAM yang disebut dalam suatu bahasa yang dapat diterjemahkan oleh Kompilator ke dalam bahasa mesin sehingga komputer dapat mengerti.
3. BAHASA PEMROGRAMAN (PROGRAMMING LANGUAGE)
DATA
PROCESS
OUTPUT

_______________________________________________________________________________

Dalam memberikan instruksi ini haruslah disampaikan dalam suatu bahasa. Untuk manusia sebagai pelaksana tugas, instruksi tersebut bisa kita sampaikan dengan lisan atau dengan suatu tulisan yang bisa dimengerti oleh pelaksana tugas tersebut.Komputer sebagai pelaksana tugas dapat menerima instruksi dengan bahasa yang dapat dimengerti olehnya.
4. ALAT PERANTARA ATAU INPUT MEDIA
Instruksi yang sudah dinyatakan dalam bahasa tersebut diatas, haruslah disampaikan kepada pelaksana tugas melalui alat perantara (media). Alat perantara untuk menyampaikan instruksi tersebut kepada pelaksana tugas inilah yang dimaksud dengan MEDIA. Jika instruksi kita tuliskan pada kertas, maka kertas tersebut kita sebut sebagai input.
5. PENTERJEMAH ATAU KOMPILATOR (COMPILER)
Instruksi yang telah dinyatakan dalam bahasa dan disampaikan melalui media input tersebut haruslah dimengerti oleh pelaksana tugas. Jika instruksi tersebut tidak dimengerti oleh pelaksana tugas, haruslah dicarikan penterjemahnya. Dalam bahasa komputer penterjemah ini disebut Kompilator. Dengan adanya kompilator inilah komputer bisa mengerti akan instruksi yang kita berikan padanya.
6. LOGIKA & ARITMATIKA
Dalam memecahkan suatu problema atau masalah, maka perlu dicarikan cara dan bagaimana jalan yang terbaik agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Dalam pemecahan masalah ini biasanya diperlukan suatu logika (logic) dan suatu perhitungan-perhitungan (arithmatic) yang diperlukan.
7. DAYA INGAT (MEMORY)
Logika dan perhitungan aritmatika tersebut baru dapat dimanfaatkan dalam pemecahan masalah jika disertai dengan INGATAN yang kuat. Cara berfikir yang logis dan daya ingat yang kuat sangat membantu dan mempermudah dalam penyelesaian suatu tugas. Dalam bahasa komputer daya ingat ini kita sebut MEMORI dari komputer tersebut.
8. PENGALAMAN/LIBRARY
Berhasil atau tidaknya pelaksanaan tugas biasanya tergantung dari pengalaman yang dimiliki. Pengalaman yang banyak sangat berguna dalam penyelesaian tugas-tugas tersebut. Dalam komputer, pengalaman tersebut dinamakan LIBRARY PROGRAM. Bagi manusia sebagai pelaksana tugas, kesanggupan otak ini sangat terbatas, tetapi manusia dapat memanfaatkan buku-buku yang berisikan teori yang berguna dan bermanfaat. Begitu juga dengan komputer Library program yang besar, sangat membantu kesanggupannya dalam memecahkan masalah.
9. MEDIA OUTPUT SERTA HASIL PEMROSESAN
Hasil yang diperoleh tergantung dari data yang tersedia untuk diolah. Prinsip “GARBAGE IN GARBAGE OUT” berlaku, yaitu jika data yang diolah tidak sempurna atau salah, maka hasil yang diperoleh juga tidak akan baik. Jenis dan bentuk dari hasil ini tergantung dari keinginan si pemakai (user). Untuk penyampaian hasil ini kepada si pemakai maka diperlukan suatu alat perantara

_______________________________________________________________________________

yaitu OUTPUT MEDIA. Output media dalam komputer bisa berupa : kertas printer.
10. KEMAMPUAN MENGKOORDINASI DAN SISTEM OPERASI
Seperti kita ketahui bahwa kita sebagai unit pelaksana tugas, tidaklah bisa mengerjakan seluruh tugas tersebut dengan sendiri-sendiri. Biasanya pekerjaan tugas tersebut terbagi-bagi dengan unit lain yang berhubungan satu dengan lainnya. Jika kita tidak bisa mengkoordinasikan seluruh unit ini dengan baik, maka kita tidak bisa mengharapkan suatu hasil yang baik pula. Jadi dalam pelaksanaan tugas tersebut atau tidaknya kita dalam pemecahan suatu masalah adalah tergantung dari kemampuan kita dalam mengkoordinasikan baik petugas pelaksana, peralatan serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan tersebut. Pada komputer kemampuan untuk mengkoordinasikan ini kita sebut dengan OPERATING SYSTEM.
Operating system inilah yang akan mengkoordinasikan seluruh peralatan atau device yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu sistem komputer.

_________________________________________________________________________________

2.4 Komponen- Komponen pada Hardware Hardware atau perangkat keras merupakan bagian computer yang dapat dilihat kasat mata. Komponen- komponen pada Hardware computer tediri dari: 1. Input devices/ perangkat input/ unit masukkan 2. Output devices/ perangkat output/ unit keluaran 3. Processing devices/ perangkat pemroses/ unit pemrosesan
2.4.1 Unit Input (Input Device)
Input Device atau perangkat input atau alat masukan adalah perangkat/ media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user(pengguna) dengan computer. Data yang dimasukkan ke dalam system computer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Sign input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam system computer, sedangkan maintenance input terbentuk program yang digunakan untuk mengolah datayang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input ini terdiri dari beberapa macam- macam piranti input, yaitu:
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan computer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah- perintah lainnya yang diperluka, seperti menyimpan file dan membuka file.
Tombol- tombol suatu keyboard umunya dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian:
1. Typewriter key (berfungsi sama seperti mesin ketik. Contoh: tombol tabs, caps lock, enter, dll)
2. Numeric key (berfungsi untuk menuliskan angka)
3. Function key (fungsinya berbeda-beda seperti F1 untuk menampilkan menu help, dll)
4. Special key (termasuk tombol Ctrl, Alt, Shift dengan tombol lain. Contoh: Ctrl+C untuk copy)
b. Mouse
Mouse digunakan untuk mengatur perpindahan kursor, member perintah secara praktisi, Setiap kita menggerakkan mouse di layar monitor selalu tampak sebuah pointer(penunjuk mouse) yang ikut bergerak. Arah gerak pointer di monitor selalu sesuai dengan aarah gerakkan mouse, sedangkan bentuk tampilan ponter di monitor selain tergantung objek yang ditunjukkan de layar juga tergantung setting yang kita tentukan.
c. Scanner
Scanner merupakan alat yang dapat digunakkan untuk: mengcopy teks dari buku, majalah, Koran, atau lainnya ke dalam computer, biasanya dalam program Microsoft Word, sehingga kita tidak perlu mengetikkan kata demi kata.
d. Bar Code Reader

_______________________________________________________________________________

dipergunakan di swalayan untuk membaca label data barang yang dicetak dalam bentuk font karakter. Font yang ada di barang biasanya mempunyai 10 digit, 5 digit identik pabrik dan 5 digit kode barang.
Masih banyak perangkat input yang ada seperti Joystik, touch screen, light pen dan lain- lain. Semakin manusia menambah temuan dari tahun ke tahun makin banyak perangkat input yang dibuat.
2.4.2 Unit Output(output device)
Perangkat output atau output devices adalah alat yang digunakan untuk menampikan informasi dari computer. Peralatan yang sering digunalkan adalah monitor, printer, dan speaker.
a. Monitor
Monitor merupakan alat untuk menampilkan hasil pengetikkan data lewat keyboard dan hasil pemrosesan data. Informasi atau tulisan yang terlihat pada layar monitor dinamakan soft copy.
Ada beberapa type monitor yang perlu kita kenal di antaranyaberikut ini:
1) Type CGA dengan resolusi 600 X 200 pixel dan kecepatannya 15.720 Khz
2) Type EGA dengan reolusi 640 X 350 pixel dan kecepatannya 21. 850 Khz
3) Type VGA dengan reolusi 640 X 480 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz
4) Type SVGA dengan reolusi 800 X 600 pixel dan kecepatannya 35.200 Khz
5) Type XGA dengan reolusi 1024 X 768 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz
b. Printer
Merupakan alat untuk mencetak informasi pada kertas. Informasi atau segala sesuatu yang telah dicetak di kertas dinamakan hard copy.
c. Speaker
Merupakan alat untuk mengeluarkan suara. Speaker biasanya dipakai pada computer yang menggunakan system operasi berbasis windows atau multimedia.
2.4.3 Unit Proses(processing devices)
Dalam unit proses ada yang disebut dengan CPU (Central Processing Unit) merupakan tempat untuk pemrosesan intruksi- intruksi program. CPU terdiri dari 2 bagian yaitu:
 Unit Kendali (Control Unit)
 Unit Aritmatik dan logic (Aritmatic and Logic Unit)
CPU juga mempunyai tempat penyimpanan sementara yang disebut Register. Ini merupakan tempat penyimpanan kecil sebelum pemrosesan data. Biasanya dalam bentuk disk.
a. Processor
Merupakan sirkuit terpadu yang mempunyai fungsi sebagai ALU(Arithmatic and Logic Unit) dan Control unit. Sebagai ALU processor bertugas melaksanakan pekerjaan perhintungan, pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data, dan mempertamukan data. Dan sebagai control unit , bertugas untuk mengontrol dan mengkoordinir system computer dalam melaksanakan proses pengolahan data. Itulah sebabnya processor sebagai otaknya computer. Semakin tinggi processor , semakin tinggi kinerja computer.

______________________________________________________________________________

b. Read Only Memory(ROM)
ROM berisikan suatu program yang telah dibuat oleh pabrik perangkat computer , file yang disimpan disini tidak akan hilang meskipun aliran listrik mati/ off. Fungsi komponen ini yaitu untuk membaca system operasi dari disk, untuk mengecek semua peralatan yang terpasang dalam system dan menampilkan pesan di layar monitor.
c. Random Acces Memory (RAM)
Berbeda dengan ROM,RAM adalah memori yang dapat diisi dengan program dan data selama aliran listrik masih hidup. Bila aliran listrik padam maka terhapus pula seluruh isinya.Kapasitas RAM menggunkan satuan Megabyte.
2.4.4 Peralatan penyimpanan
Perangkat keras computer yang berfungsi sebagai penyimpan informasi, menyimpan intruksi, maupun program disebut peralatan penyimpan. Beberapa peralatan penyimpan yang perlu kita kenali yaitu disket, hardisk, compact disk (CD), dan flash disk.
2.4.5 Peralatan Tambahan (Periferal)
Periferal adalah perangkat tambahan yang dipasang untuk lebih mendayagunakan computer. Alat ini biasanya berbentuk kartu(card) yang harus dipasang pada expantion slot yang terletak di motherboard.
Beberapa periferal yang biasanya digunakan diantaranya modem(untuk mengubah analog menjadi sinyal digital dari ka telapon untuk keperluan akses internet) dan yang terbentuk Card seperti VGA Card, Sound Card, Music Card,dan TV Card.

_________________________________________________________________________________

BAB III 
PENUTUP 
A. Kesimpulan
1. Komponen- komponen pada Hardware computer tediri dari: Input devices/ perangkat input/ unit masukkan,Output devices/ perangkat output/ unit keluaran,Processing devices/ perangkat pemroses/ unit pemrosesan.
2. Siklus dalam penerimaan dari input kemudian akan diterimaoleh primary memory dan akan disimpan terlebih dahulu. Selanjutnya akan diproses di ALU. Dan hasil proses dikeluarkan melalui output.
3. Yang merupakan perangkat input yaitu keyboard, mouse, touch screen, dan light pen. Input berfungsi untuk memasukkan data,
4. Perangkat output berfungsi mengeluarkan data. Yang biasanya terdiri dari: monitor, speaker, dan printer.
5. Perangkat proses yang berfungsi memroses data. Yang terdiri dari memory, ALU, dan Control unit.
B. Penutup
Puji Syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, saya telah menyelesaikan makalah yang telah diberikan oleh dosen. Besar harapan saya semoga tugas dalam penyusunan makalah ini lebih bermanfaat dan menuntaskan sebuah pembelajaran yang mungkin akan menjadi pendorong semangat untuk menuntut ilmu dimasa yang akan datang khususnya saya pribadi.
Mohon maaf jika penyusunan makalah ini kurang begitu baik, dalam kata-katanya maupun isi yang terkandung didalamnya.

________________________________________________________________________________
Untuk versi pdf silahkan anda download dibawah ini, terima kasih.



atau

5 komentar untuk "Makalah Pengantar Teknologi Informasi (Hardware)"