Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eksplor Ujung Pantai Tiris Indramayu

I want fly
Setelah artikel  yang menjelaskan tentang pengalaman pertama mengunjungi pantai tiris penuh perjuangan karena kami kesasar. Anda bisa membacanya DISINI
Penulis kembali mengunjungi kembali pantai tersebut yang kedua kalinya. 

Mengunjungi pantai tiris tidak akan pernah bosan. Karena itu penulis mencoba menggambarkan betapa sempurnanya pantai tiris Indramayu sebagai referensi wisata anda. Walaupun pasirnya tidak putih, namun cukup untuk membuat refresh otak anda.

Beautiful sky
Dengan periode satu bulan sesudah mengunjungi pantai tiris pabean ilir jilid pertama, penulis kembali ke tempat tersebut. Kini membawa misi bagaimana kalau kita mengunjungi pantai tiris dari ujung barat dan timur nya? Wah, mungkin lebih alami lagi. Dan ternyata, amat sangat menemukan rasa pantai tiris dengan nuansa berbeda.

Saung rakyat
Dengan gambaran, tepatnya diujung paling timur dari pantai tiris pabean ilir tersebut ternyata terdapat layaknya hutan khas pantai yang menawan dengan tanggul yang dipenuhi tanaman khas pantai pula. Sangat elok dan menawan. Dijamin tempat itu sangat-sangat alami dan belum banyak yang tahu.

Bakau jodoh

Model di ujung barat pantai tiris

Pohon bakau yang kuat
Bak hutan belantara di kalimantan

























Kini beralih menuju ke ujung paling timur pantai tiris pabean ilir kita akan disuguhkan sebuah taman-taman observasi bibit bakau yang sengaja ditanam oleh Pertamina sebagai kontribusi kepada masyarakat dalam bentuk menahan daratan pantai oleh abrasi. Dan disitu terdapat sebuah daratan pantai yang dikelilingi oleh air laut bak pulau tersembunyi nan alami. 


Bibit bakau oleh pertamina

Pulau kecil ketika surut
Tegak berdiri pantai tiris




















Dari kedua ujung pantai tersebut adalah dua hal berbeda. Yang satu sangat alami dan yang satu lagi nya sedang diberdayakan untuk alami kembali. 

Menurut teman saya yang ke pantai tiris diwaktu sekarang sepertinya mengalami banyak perbedaan banyak tangan-tangan jahil yang membuang sampah sembarangan. Sehingga berkontribusi merusak citra pantai tiris sebagai pantai dengan nuansa alam nya yang khas.
Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mencari referensi wisata anda !